MEMBACA BERITA

Membaca berita merupakan kegiatan pembacaan berita dengan pelafalan yang tepat. Ketepatan dapat didapatkan dari konsentrasi dan dari pengetahuan seputar membaca berita. Nah disini, akan kita ulas sedikit bagaiman cara membaca berita yang baik dan benar.

1. Membaca Berita dengan Intonasi yang Tepat serta Lafal yang Jelas
Ketepatan lafal, intonasi, dan kejelasan ucapan merupakan sebuah keharusan bagi pembaca berita. Enak atau tidaknya kita mendengarkan berita tergantung dari hal- hal tersebut.
Pembaca berita yang baik adalah pembaca yang fasih, andal, dan cermat terhadap setiap kata, frase, klausa, atau kalimat yang dibaca.
Pemenggalan kalimat yang tepat juga perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan salah penafsiran.
2.Tatapan Mata dan sikap membaca berita yang baik
Sikap membaca berita yang baik antara lain :
1.Memfokuskan pandangan ke depan. Jika ada audience, usahakan jangan monoton. Bila di depan kamera, tujukan pandangan tepat pada kamera.
2.Jika penyampaian berita dengan posisi duduk, hendaknya duduk tegak dengan pandangan lurus ke depan. Jika dengan posisi berdiri hendaknya juga tegak.
3.Membaca hendaknya dengan santai. Tentunya dengan ucapan serta intonasi yang tepat.
3.Membaca berita dengan teknik tutup daun telinga
Teknik ini ikemukakan oleh seorang tokoh bahasa, yaitu W.S Rendra. Saat kita membaca sebuah berita, tekan kedua daun telinga ke depan menutup lubang pendengaran. Teknik ini berguna untuk mendengarkan apakah lafal, intonasi dan ucapan kita sudah tepat atau belum.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Mari Berbahasa |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.